Cara Cek Kesehatan Tubuh Lewat Lidah dan Sendok

19 views

Sporrty.com - Cara Cek Kesehatan Tubuh Lewat Lidah dan Sendok - Melakukan pemeriksaan kesehatan merupakan keharusan bagi kita semua agar selalu mengetahui kadar kesehatan diri. Akan tetapi, banyak orang yang takut atau malas untuk memeriksakan kondisi kesehatannya. Akibatnya, pada saat penyakitnya sudah mulai parah bahkan kronis, pengobatan akan menjadi semakin sulit.

Namun sudah menjadi rahasia umum bahwa melakukan pemeriksaan kesehatan tidaklah mudah karena akan dibutuhkan biaya yang tidak sedikit. Hal inilah yang merupakan alasan kebanyakan orang tidak memeriksakan kesehatannya secara rutin. Ketika sudah merasakan sesuatu yang tidak beres, barulah  kita mau memeriksakannya ke dokter.

Menurut literatur Cina Kuno, lidah kita bisa menunjukkan banyak hal terkait kesehatan. Hal inilah yang kemudian menjadi salah satu dasar pengobatan di Cina. Namun tahukah kamu, dengan peralatan dapur sederhana, kamu bisa mengetahui kadar kesehatanmu dengan mudah. Yang kamu butuhkan hanyalah sendok makan, plastik dan sinar matahari. Kalau kamu melakukannya saat malam hari, kamu bisa gunakan lampu belajar sebagai pengganti sinar matahari.

Menurut Positivemed, metode ini bisa dipakai guna mengukur kesehatan organ dalam kamu dengan cepat dan tentuya gratis. Dengan metode ini, kamu bisa tahu status sistem penapasan, metabolisme, hormon, usus dan bahkan ginjal kamu lho.

Nah caranya bagaimana? Nggak susah dan ribet kok. Pertama-tama, kamu julurkan lidah kamu. Kemudian, kikis atau kerok bagian belakang lidah dekat tenggorokan dengan sisi depan sendok samapi terkumpul banyak air liur. Tidak perlu terlalu keras, yang penting kamu bisa mengambil ludah yang menempel di lidahmu. Oh ya, kamu harus mengeruk seluruh bagian lidah kamu, termasuk bagian belakang juga. Nggak perlu jijik, toh itu adalah bagian dari diri kamu.

cek kesehatan tubuh

Selanjutnya, bungkus sendok tadi dengan menggunakan kantong plastik, lalu sinari di bawah cahaya matari atau dengan lampu belajar selama 60 detik. Nah, semakin kuat cahayanya maka akan semakin baik hasilnya.

Setelah 60 detik, periksa dengan seksama sendok tersebut. Nah, perubahan yang harus kamu perhatikan adalah bau dan noda di sendok tersebut. Jika perubahan yang terjadi adalah bau busuk dan sangat menyengat, itu adalah tanda bahwa kamu memiliki masalah dengan paru-paru kamu dan lambung. Jika baunya manis, itu bisa berarti kamu memiliki diabetes. Kalau baunya seperti amonia, berarti kamu kemungkinan memiliki masalah pada ginjal.

Tahap selanjutnya adalah kamu harus melihat sendok tersebut dengan teliti. Jika warnya putih dan lapisannya kental, itu merupakan tanda bahwa ada disfungsi kelenjar tiroid. Kalau ungu, bisa berarti itu adalah bronkitis dan darah tidak lancar, juga kolesterol loh. Nah , jika warnanya putih biasa, kamu kemungkinan memiliki masalah dengan gangguan pada organ pernafasan kamu. Sedangkan jika warnya jika, kemungkinan ada kerusakan pada ginjal.

Yang perlu digarisbawahi adalah, cara cek kesehatan tubuh ini tidak  100% menjamin bahwa kamu benar-benar memiliki penyakit tersebut. Jadi, jika kamu menemukan sesuatu jangan langsung panik. Kalau kamu mengingkan kepastian, periksalah ke dokter dan lakukan tes laboratorium dan jangan lupa konsultasi dengan dokter. Ingat, lebih baik mencegah daripada mengobati guys.

Tags: #cek kesehatan tubuh